GTKHNK 35+ Sambangi Syaiful Huda Guna Prioritaskan Guru Honorer

Foto bersama dengan perwakilan Guru dan Tenaga Kependidikan Honorer Non-Kategori 35+ (GTKHNK 35+) se-Jawa Barat bersama Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda di Kantor DPW PKB Jabar, Rabu (5/8/2020). Foto dari: JPNN.com

KABARPKBJABAR – Guru dan Tenaga Kependidikan Honorer Non-Kategori 35+ (GTKHNK 35+) menyambangi kantor Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) guna menyampaikan aspirasi kepada Komisi X DPR RI, Syaiful Huda terkait pengangkatan guru dan tenaga honorer diatas usia 35 tahun tanpa tes, gaji yang sebelumnya dibayar perjam berubah menjadi perbulan dan terbitkan Keputusan Presiden (Keppres) tentang guru honorer yang berusia 35 tahun keatas untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Acara yang berlangsung pada Rabu, 5 Agustus 2020 di Aula Lt. 1 Kantor DPW PKB Jawa Barat tersebut dihadiri oleh perwakilan guru honorer se-Jawa Barat. Kang Huda sapaan akrabnya memaparkan, salah satu yang harus dituntaskan adalah persoalan guru honorer, karena hal tersebut merupakan komitmen Komisi X DPR RI untuk disampaikan kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Lanjutnya, memang butuh kebijakan yang luar biasa dari pemerintah mungkin keputusan politik yang extraordinary, ia pun berharap gaji guru honorer minimal sama dengan para PNS guru, kalau kabupaten/kota mengalokasikan dana 20% bisa menggaji para guru honorer sekalian sesuai dengan UMK.

Baginya hal tersebut soal political will dan soal komitmen bupati dan walikota. Termasuk yang saya dorong sekarang, berharap kepada Kemendagri membuat kebijakan keputusan menteri seluruh Pemda mengharuskan 20% untuk pendidikan. “MasyaAllah berkah lahir batin itu,” ujar Ketua DPW PKB seraya tersenyum. Ia pun berharap guru honorer harus masuk pada kebijakan prioritas. “Kalau peta jalan Merdeka Belajar nya Mas Menteri ada penghapusan UN, kampus merdeka, Program Organisasi Penggerak (POP) kenapa secara eksplisit tidak mencantumkan penyelesaian guru honorer?” tutup pria kelahiran Tuban tersebut.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *