Pesan Menteri Desa PDTT pada CPNS: Modal Pemulihan Desa

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar, berharap CPNS formasi Tahun 2019 dapat bertugas dengan khidmat dan mengejawantahkan nilai-nilai keindonesiaan; budaya, ras, etnik, nasionalisme, dan agama.

Dilansir dari akun Instagram @kemendespdtt, Abdul Halim Iskandar yang akrab dipanggil Gus Menteri, menyampaikan arahan pada 230 CPNS Formasi Tahun 2019 yang resmi diterima di lingkungan kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT).

Dari jumlah pelamar sebanyak 21079, hanya 230 CPNS yang diterima. Hal itu ditanggapi langsung oleh Gus Menteri saat di Balai Makarti, Jakarta. Menurut Gus, 230 CPNS ini harus mulai membangun jiwa yang optimis. Karena, ini baru langkah awal. Pun bersyukur karena telah melewati berbagai rintangan.

” Salah satu cara bersyukur adalah dengan cara mengimplementasikan apa yang menjadi tanggung-jawab kita sebagai abdi negara untuk kepentingan bangsa dan negara, ” tutur Gus Menteri, di Balai Makarti, Jakarta, Rabu (24/2/2021).

Kemendes PDTT mendapat alokasi CPNS sebanyak 230 orang yang meliputi 200 formasi umum, 23 formasi cumlaude, 5 formasi disabilitas dan 2 formasi putra-putri dari Papua.

Karena CPNS formasi Tahun 2019 telah resmi, dan memiliki varian keunggulan masing individunya. Gus menteri menitipi bahwa CPNS yang diterima di lingkungan PDTT selain cakap tugas di mana mereka ditugasi juga harus memahami visi dan misi pembangunan yang ada di lintas Direktorat.

“Harus ditanamkan satu pemahaman utuh terhadap apa dan bagaimana Kemendes PDTT. Tiga hal ini yang ada di Kemendes PDTT, yaitu Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.  Perlu diingat tiga-tiganya berbasis desa, jadi penguasaan kita tentang desa harus betul-betul paham,” pungkasnya.

Olehkarena itu, CPNS harus mulai mengerti arti dari ‘ desa luka negara,’ karena hal ini adalah aspirasi rakyat yang bertajuk satir menggunakan narasi idiom. Aspirasi ini pun, harus mulai dijawab dengan tindakan yang efektif efesien dan berharap ideal. Maka, CPNS di lingkungan kemendes PDTT harus menjadi jawaban.

Penulis: Idang

Editor: Candil

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *