Hujan Es di Sleman Sempat Membuat Warga Girang

gambar di ambil dari news.detik.com

Telah terjadi fenomena langka di tanah air. Hujan es melanda sejumlah daerah diantaranya, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Nganjuk, Jawa Timur, Selasa (2/3/2021).

Hujan es tersebut menjadi fenomena langka. Pasalnya, Indonesia adalah negara yang berada di garis katulistiwa. Maka terjadinha hujan es menjadi soal. Apalagi, hujan es tersebut berukuran sebesar kelereng.

Menurut warga setempat, Ikhwan, hujan es berlangsung jam 15.15 WIB. Sambungnya, hujan es di Bangunkerto, Kapanewon Turi, diawali dengan angin kencang lalu diikuti oleh hujan es sebesar kelereng.

“Oh ya, benar. Tadi sekitar jam 15.15 WIB. Jadi ketika hujan turun langsung disertai butiran es dan juga disertai angin kencang,” kata Ikhwan, Selasa.

Sambungnya, masyarakat Bangunkerto dikejutkan dengan adanya hujan es. Huja  yang berlangsung kisaran 5-10 meni, sempat bikin panik karena ukuran es yang berpotensi bahaya.

“Tapi tidak lama, sekitar 5-10 menit saja, tidak ada dampak yang ditimbulkan,” tutur dia.

Lalu, menurut laporan BMKG, hujan es terjadj karena terjadi kondensasi uap air yang sangat dingin di atmosfir.

Kepala Stasiun Geofisika Kelas III Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Sawahan Nganjuk Mohammad Chudori menjelaskan, butiran es itu terbentuk melalui kondensasi uap air yang sangat dingin di atmosfer.

Penulis : M. Haydar

Editor : Andi H

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *