Pemerintah Siap Hadapai B.1.1.7: Menakes dan Menristek Jalani Penelitian

Virus B.1.1.7 ditemukan di Indonesia, tepatnya di Karawang, Jawa Barat. Hasil temuan, virus ini terbawa oleh dua orang TKI asal Karawang yang baru pulang dari Saudi Arabia.

Laporan Dinkes Karawang dua kasus B117 adalah perempuan, dua orang itu inisial M (40), warga Kecamatan Lemah Abang, dan inisial A (45), warga Kecamatan Pedes.

Pada Rabu, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dengan sapaan Kang Emil, melaporkan bahwa kondisi dua orang asal Karawang yang terpapar strain virus baru B.1.1.7 asal UK tersebut dalam kondisi isolasi.

“Masih diisolasi. Di rumah masing-masing,” ungkapnya.

Setahun COVID-19 pemerintah telah menggenjot penurunan kasus beserta vaksinasi. Selama pandemi pemerintah menghadapi bermacam soal.

Menurut Menteri Kesehatan Budi Gunawan Sadikin menyebut pemerintah menghadapi sejumlah tantangan satu tahun ke belakang. Salah satunya, soal pengelolaan anggaran Covid-19 antara pusat dan daerah.

Disamping itu Budi menerangkan dengan rendahnya upaya penelitian (genome sequencing) virus corona di Indonesia. Kasus positif COVID-19 menurun perlahan.

Akan tetapi keberlangsungan vaksinasi sebuah kemajuan dalam proses menghadapi COVID-19. Sayangnya, vaksinasi masala guna terciptanya herd immune, terdapat soal juga.

Menurut Budi, pemerintah sedang menghadapi masalah kekurangan stok vaksin hingga Juli mendatang.

Berperang menghadapi wabah belum selesai. Setelah vaksinasi berjalan hingga tahap dua. Dua orang TKI asal Karawang terpapar strain virus baru yang bermutasi di Inggris.

Menurutnya strain virus tersebut belum bisa dipastikan dapat dilawan oleh vaksina. Sebab perubahan posisi asam monia membuat strain virus baru tersebut mudah menular. Hal ini ditakutkan juga kebal akan vaksin.

Ternyaga B117 atau N501Y itu sudah masuk di negara ASEAN; Malaysia 24 Desember, Filipina 26 Januari, Thailand 15 Februari, Singapura 24 Desember.

Merespon soal itu, Bambang Brodjonegoro, Menteri Riset dan Teknologi, dan Budi Gunandi Sadikin menandatangani perjanjian genome sequencing (penelitian virus).

Dalam sebulan mereka lakukan hampir 200 genome sequencing (riset virus).

Penulis : M Haydar

Editor : Andi H

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *