Sekjen PBNU Menjadi Perawajahan Presiden RI Melalui KSP

Sosok Helmy Faishal Zaini, Sekertaris Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, dapat menjaga hubungan baik Presiden Republik Indonesia, Jokowi, dengan Masyarakat. Karena hal ini, Sekjen PBNU tersebut diangkat menjadi Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) pasca Moeldoko menjadi Ketua Umum Demokrat.

Berbagai pihak menyatakan dukungan penuh atas dipilihnya Sekjen PBNU menjadi KSP tersebut. Dukungan tanpa silang pendapat tersebut ramai disuarakan lembaga serta organisasi. Bukan tanpa alasan, dukungan tersebut berdasarkan pada kepribadian beserta presetasinya.

Selama menjadi Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal pada Kabinet Indonesia Besrsatu II, Helmy dinilai reaktif dalam menanggapi perkembangan isu.

Misalnya saja pada isu disparitas. Helmy tak pernah absen menyinggung soal disparitas yang terjadi di tanah air. Menurutnya, sagu persen orang kaya Indonesia menguasai sekitar 40 persen aset negara. Hal ini adalah kesenjangan ekonomi tingkat waspada.

Selain isu ekonomi, Helmy pun sering menyinggung soal penyebaran serta hoaks di era teknologi informasi dan media sosial saat ini. Mantan Menteri Pembangunan Desa dan Daerah Tertinggal itu menilai pemerintah belum berhasil membangun kontra narasi terhadap hoaks, radikalisme, dan terorisme.

“Helmy Faisal pernah menjadi Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal pada Kabinet Indonesia Bersatu II. Ini modal yang sangat bagus Helmy menjadi Kepala KSP,” jelas Anto.

Dukungan senada juga diungkapkan oleh Fauzan, Ketua Umum LSM GMBI beserta organisasi dan lembaga lainnya.

“Kami mendukung Helmy Faisal menjadi Kepala KSP menggantikan Moeldoko, Ya, selain LSM GMBI, aktivis lintas generasi yang mendukung Helmy Faisal menjadi Kepala KSP yakni Ketua Umum Perhimpunan Pergerakan Jejaring Nasional Aktivis 98 (PPJNA 98), Anto Kusumayuda, Gerakan Bhinneka Nusantara, Presidium Pergerakan Garut, Majelis Saiful Akbar, Gerakan Pemuda Marhaen, Kongres Relawan Jokowi, Lembaga Memantau Kebijakan dan Publik Bandung,” kata Fauzan.

Dengan diisinya KSP oleh Helmy selaku Sekjen PBNU tersebut akan mengharumkan perwajahan Jokowi. Hal ini dikarenakan sikap sosialisnya Helmy dengan berbagai pihak.

“Pergaulan Helmy Faisal yang sangat luas bisa membuat KSP lebih dinamis dan menjaga hubungan Jokowi dengan berbagai pihak,” pungkasnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *