Gus Menteri: BUMDES masa depan PADes

Badan Usaha Milik Desa menjadi pilar dalam meningkatkan Penghasilan Asli Desa. Hal ini diterangkan oleh Abdul Halim Iskandar, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Menurutnya, dalam pengembangan desa, perlu adanya pendampingan atas kontroling kinerja Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Pengembangan BUMDES tersebut menjadi tolak ukur kemajuan PADes.

Penghasilan Asli Desa sendiri terdiri dari beberapa hal diantaranya: hasil usaha, hasil aset, swadaya dan partisipasi, gotong royong dan lain-lain pendapatan desa.

Poin ini relevan dengan tupoksi BUMDES. Maka dari itu, kelengkapan serta penjalanan BUMDES yang maksimal dapat meningkatkan Penghasilan Asli Desa.

Olehkarena itu, Menteri Desa yang karib sapaannya Gus Menteri menerangkan, kemajuan sebuah desa bermula dari berkembangnya BUMDEs yang kemudian hasilnya meningkatkan Penghasilan Asli Desa.

Keterangan tersebut ramai diperbincangkan oleh warganet. Per 15 Marer 2021, keterangan soal BUMDES masa depan PADes menarik perhatian publik. Hal ini disebabkan karena publik telah sejak lama mengharapkan perhatian pemerintah pada BUMDES.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *