Syaiful Huda: Kritik Kesiapan Panitia All England, BWF Diminta Bertindak

(Source Image: Media Center)

Bandung,__Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda, meminta Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) untuk mempertimbangkan kembali soal kebijakan diskualifikasi Tim Bulu tangkis Indonesia dari kejuaraan All England. Syaiful Huda karib sapaan Kang Huda pun mengkritik ketidaksiapan Standar Oprasional Prosuder (SOP) All England atas regulasi Covid-19 pemerintah England.

            Diskualifikasi diputuskan panitia dengan alasan salah seorang seorang terkonfirmasi positif Covid-19 dalam penerbangan yang sama dengan atlet bulu tangkis Indonesia dari Istanbul ke Brimingham pada Sabtu 13 Maret 2021 lalu.         

            Menurut Ketua Umum Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Jawa Barat Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), keputusan itu, tindakan panitia yang tidak tanggup jawab atas ketidaksiapan dalam menyiapkan fasilitas yang sesuai dengan regulasi England soal pandemi.

            “Kita berharap turnamen tersebut benar-benar memperhatikan regulasi dari pemerintah terkait protokol kesehatan, sehingga tidak dihentikan di tengah jalan,” ujar Syaiful.

            Kang Huda pun meminta Badminton World Federasi (BWF) untuk memberikan sanksi pada penyelenggara All England 2021, karena kasus penarikan skuad Indonesia dari All England yang seharusnya bisa diantisipasi.

            “Penyelenggara turnamen harusnya mengundang peserta turnamen agar jauh hari datang sebelum pagelaran berlangsung. Dengan demikian saat ada kasus peserta turnamen berada di satu pesawat dengan penumpang positif Covid-19, mereka bisa melaukan isolasi mandiri sebelum turnamen berlangsung,” ucapnya.

            Selain itu, Kang Huda pun meminta Kementerian Pemuda dan Olah raga (Kemenpora) berkordinasi dengan Kementerian Luar Negeri untuk segera turun tangan dalam menyelesaikan permasalahan tersebut. Khususnya meminta transfaransi panitia terkait siapa yang terkonfirmasi positif Covid-19 di pesawat.

            “ Lakukan koordinasi dengan ofisial tim yang ada di sana, untuk lobi dan meyakinkan bahwa sebenarnya sudah diantisipasi sejak awal. Saya kira pemerintah, dalam hal ini federasi, panitia, dan pemerintah Inggris dapat menjadikan fakta-fakta ini, fakta kesehatan atlet kita yang sudah divaksin dan seterusnya ini bisa menjadi pertimbangan” ujar Syaiful saat dihubungi, Kamis (18/3).

Penulis: Haydar

Editor: Andi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *