Komisi X Apresiasi Sikap Tegas Menpora Bela Timnas Bulutangkis Indonesia

Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda mengapresiasi sikap tegas yang dilakukan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI atas perlakuan diskriminatif yang diterima oleh atlet cabang olahraga Bulutangkis Indonesia yang di mundurkan dari even All England.

“Kami memberikan apresiasi dan pernyataan salut atas protes dari Menpora, dan langsung direspon oleh Federasi Bulutangkis Internasional (BWF) dengan pernyataan permohonan maaf,” ucap Syaiful Huda saat rapat kerja Komisi X DPR RI dengan Menpora Zainudin Amali di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (23/3/2021).

Huda mengatakan, ini merupakan langkah yang luar biasa di tengah suasana olahraga Bulutangkis yang menjadi andalan dari seluruh pecinta olahraga di Indonesia. “Menpora bersuara lantang dan langsung direspon oleh petinggi BWF dan menyatakan permohonan maafnya,” ujarnya.

Ia berharap, kejadian diskriminatif seperti itu tidak terulang kembali di masa-masa yang akan datang. “Kita tidak ingin kejadian ini terulang lagi. Semoga ini menjadi preseden yang baik, terlebih lagi kita akan menghadapi Olimpiade Tokyo empat bulan yang akan datang, dan Bulutangkis termasuk salah satu andalan dari kompetisi Olimpiade Tokyo itu.

Huda menegaskan, protes keras dari Menpora harus menjadi catatan penting bagi BWF bahwa tidak boleh terjadi lagi kebijakan diskriminatif dan sewenang-wenang seperti kejadian di All England tersebut. Tim Nasional Bulutangkis Indonesia telah diperlakukan secara tidak adil oleh BWF.

“Padahal Tim Merah Putih sebelumnya telah menjalani tes Covid-19 di Birmingham dan seluruhnya mendapat hasil negatif. Namun begitu saja dihempaskan dari kompetisi ini,” tukas politisi Fraksi PKB itu.

Penulis: Haydar

Editor: Andi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *