PKB: Rutinkan Aksi Berbagi Nasi Serentak, Demi Menjaga Suluk Perjuangan Aksi Melayani Indonesia

(Source Image: MCS)

Berawal dari tuturan ketua DPW PKB Jawa Barat, Syaiful Huda, saat sambutan di Bimbingan Teknis dengan tema Aksi Melayani Indonesia (AMI) soal menyapa masyarakat dengan berbagi nasi bungkus. Sejumlah kader dan badan otonom PKB, mengadakan aksi berbagi nasi rutinan, tiap Jum’at, di wilayahnya masing-masing.

Pada Kamis malam, 1 April 2021, DKW Garda Bangsa Jawa Barat berbagi nasi di sekitaran alun-alun Bandung. Sebanyak 60 nasi bungkus disebarkan pada pukul 23.45. Menurut Ketua Garda Bangsa, Heri Kurniawan, berbagi tengah malam dinilai tepat. Karena saat malam terlihat jelas mana yang benar-benar membutuhkan dan tidak.

” Berbagi nasi ini untuk menjaga stabilitas moral kader garda bangsa. Sedangkan memilih waktu malam hari, biar kita gak salah sasaran dalam memberi, kasian juga, dia yang membutuhkan tapi gak keberi, ” tuturnya saat diwawancarai Media Center di Sekretariat DKW Garda Bangsa Jawa Barat.

Heri mengaku, aksi berbagi nasi bungkus malam Jum’at ini terinspirasi oleh tuturan pada sambutan Ketua Dewan Perwakilan Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Barat, Syaiful Huda yang karib dengan sapaan Kang Huda. Dalam sambutannya ia berpesan untuk senantiasa berbagi supaya menjaga suluk perjuangan ‘peduli umat melayani rakyat.’

” Fraksi DPRD Jawa Barat Kabupaten dan Kota serta DPC se-Jawa Barat berserta badan otonom PKB, untuk senantiasa menyapa masyarakatnya dengan berbagi nasi, minimal dua puluh bungkus per berbagi, ” ujar Kang Huda dalam sambutan di Bimbingan Teknis pada 26-28 Maret di Grand Hotel Sunshine, Soreang.

Per Jum’at 2 April, segenap keluarga besar mengadakan Jum’at berbagi nasi bungkus di wilayahnya masing-masing. Aksi berbagi ini, dilakukan seusai ibadah sholat Jum’at. Segenao keluarga besar PKB yang mengadakan Jum’at berbagi yaitu, DPC Sumedang, DPC, Depok, DPC Karawang, DPC Cimahi.

Lalu, DPW PKB sendiri menyelenggarakan Jum’at berbagi di tiga titik dengan tiga regu diantaranya, depan kantor DPW PKB Jabar jln. K.H. Ahmad Dahlan; Jl M Ramdhan ( ITC) – Kebon Kalapa – Jl Asia Afrika – Banceuy dan Jalan BKR – Gatsu – Kiara Condong. Masing regu membagi nasi bungkus sebanyak 100 nasi bungkus lebih.

Terkhusu di depan Kantor DPW PKB, Kang Huda yang turun langsung membagikan nasi bungkus. Dalam aksi tersebut, Ia tak jarang sedikit berbincang dengan penerima manfaat nasi bungkus tersebut. Tidak sedikit yang bertutur aspirasi pada Ketua Komisi X tersebut.

Selama tiga jam, bermula dari jam 13.00, aksi berbagi usai dengan kegembiraan. Pasalnya, aksi berbagi ini dilakukan dengan suasana yang akrab, melalui pementasan bermusik, menjadikan suasana cair dan tidak membuat penerima manfaat ragu untuk menghampiri.

Menurut Kang Huda, aksi berbagi ini akan dilakukan secara rutinan, tiap Jum’at siang sesusai ibadah sholat Jum’at. Dalam kehadirannya ia menitip pesan pada keluarga PKB untuk tetap menjaga semangat berbagi, karena dari aksi berbagi dapat menjaga rasa peduli sesama.

Penulis: Haydar

Editor: Andi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *