Food Bank PKB Minggu Ke-2, WARGA JABAR KEHILANGAN RASA LAPAR!

(source image: MCS)

Yayan Kato Musik iramakan kepuasan perut warga Jawa Barat di gelaran Food Bank DPW PKB Jawa Barat minggu ke-2. Food Bank tersebut dilakukan serentak oleh seluruh pengurus DPW PKB Jawa Barat dari pengurus cabang hingga wilayah. Gerakan Food Bank tersebut membeli nasi dari warung kecil untuk dibagikan pada warga Jabar yang tiap hari menahan lapar.

Di masa pandemi ini tela berdampak buruk pada sektor ekonomi, khususnya, ekonomi kerakyatan. Sejumlah pedagang kecil yang paling terdampak_mengalami penurunan omzet hingga 70 persen. Kondisi tersebut membuat sebagian besar warung kecil bubar-jalan. Pandemi telah mengubah pola belanja menjadi online. Kondisi ini yang membuat warung kecil kalah saing sehingga berdampak gulung tikar.

Melihat kondisi tersebut, membuat ketua DPW PKB Jawa Barat, Syaiful Huda, meluncurkan Food Bank secara rutin tiap Jum’at siang, sebagai bagian dari tindak lanjut program road 2024: Aksi Melayani Indonesia. Peluncuruan food bank tersebut, untuk meringankan warga Jabar dalam pemenuhan kebutuhan pangan. Selain itu, food bank pun direncanakan sebagai tindakan rill soal pemulihan ekonomi kerakyatan yang prosesnya membeli nasi dari warung kecil lalu dibagikan pada rakyat yang menahan lapar tiap hari.

Food Bank yang di selenggarakan pada Jum’at 9 April 2021 adalah minggu ke-dua. Sebelumnya, DPW PKB memulai gerakan tersebut pada Jum’at 2 April 2021. Pada peluncuran Food Bank pertama, gerakan ini dihadiri langsung oleh Ketua DPW PKB, Syaiful Huda. Dalam kehadirannya, Syaiful Huda menjelaskan, Food Bank ini diselenggarakan secara serentak tiap Jum’at oleh seluruh pengurus PKB Jawa Barat, mulai dari pengurus wilayah hingga pengurus cabang.

Sambungnya, Syaiful pun menerangkan, kalau tujuan Food Bank ini tidak hanya berbagi nasi pada jasa pelayanan_ojek online, supir angkot, pengamen dan yang serupa, tapi juga menyasar pada warung kecil guna pemulihan ekonomi kerakyatan. Terangnya, nasi yang dibagikan pada gerakan food bank tersebut hasil beli dari warung kecil.

“Kami meluncurkan gerakan Food Bank untuk membantu masyarakat dan pedagang kecil yang terdampak pandemi. Kami berharap, program ini bisa membantu masyarakat kurang mampu sekaligus menggerakkan perekonomian, khususnya dari pelaku UMKM,” terang Syaiful Huda di sela pembagian makanan siap saji di Kantor DPW PKB Jabar, Jalan Ahmad Dahlan, Kota Bandung , Jumat (2/4/2021).

Syaiful Huda mengaku, memilih gerakan Food Bank karena menyasar dua kelompok masyarakat, pertama, pedagang UMKM, kedua pada pelayan jasa, seperti ojek online, tukang angkot, tukang becak serta pengamen jalanan.

“Kondisi (pandemi) itu membuat banyak pedagang kuliner yang menutup usaha karena terus merugi, sehingga memunculkan banyak pengangguran baru. Melalui gerakan Food Bank, DPW PKB Jabar akan mencoba sedikit membantu para pedagang kecil ini dengan meningkatkan omzet dagangan mereka,” katanya.

Penulis: Haydar

Editor: Andi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *