Survey SSC: Elektabilitas PKB Melejit! Jadi Partai Politik Paling Religius Pilihan Milenial Jatim





Dari hasil riset yang dilakukan oleh Surabaya Survey Center (SSC) dengan responden kalangan milenial ditemui sejumlah data, PDI Perjuangan jadi partai politik yang paling nasionalis dan PKB, partai politik paling religius.

Menurut laporan Direktur Riset SSC Edy Marzuki, PDIP populis dengan sebutan partai paling nasionalis urutan pertama. Sementara diurutan setelahnya diikuti oleh Gerindra dan Golkar.

“PDIP menjadi partai paling nasionalis dengan perolehan 27,2 persen. Diikuti oleh Gerindra dan Golkar dengan 8,2 persen serta 7,9 persen,” papar Direktur Riset SSC Edy Marzuki, Senin (12/4/2021).

“Sebenarnya, apa yang dicapai oleh 3 partai di atas tidaklah mengejutkan. Ketiganya memang selalu mencitrakan diri sebagai partai nasionalis. Ini terbukti jika citra yang mereka tunjukkan berhasil diterima. Paling tidak begitu fakta yang ditangkap oleh kalangan millennials,” tambahnya.

Di lain pihak, hasil survey partai yang paling religius ditoreh oleh PKB. Sementara itu, perolehan elektabilitas partai, PKB melejit dengan capaian 42,8 persen.

“Baru diikuti oleh PKS, PAN, dan PP yang perolehannya sama-sama di angka sekitar 4 persen,” papar Edy.

Menurutnya, akhir-akhir ini PKB mendapatkan capaian hang mengejutkan. Mulai dari melejitnya elektabilitas partai hingga kepopulisannya sebagai partai nasionalis dan agamis.

“Pasalnya, akhir-akhir ini mereka mencitrakan diri pula sebagai partai yang nasionalis. Tapi di sisi lain tidak dapat dipungkiri jika konstituen dan para pengurus PKB mayoritas lebih merupakan ulama dan kader dari NU,” beber Edy.

Penelitian ini dilakukan oleh SSC per 5-25 Maret 2021 di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. 1070 responden dipilih dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling dengan margin of error kurang lebih 3 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. Penentuan responden dari kalangan millennials dalam setiap KK dilakukan dengan bantuan kish grid.

Penulis: Haydar

Editor: Andi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *