Forum Rektor PTNU Bahas Pengembangan PTKI dengan Menang dan Komisi X DPR RI


Ketua komisi X DPR RI bahas perkembangan dan kemajuan PTKI bersa Forum Rektor PTNU ddi kantor Komisi X. Setelah pertemuan dengan Syaiful Huda selaku ketua Komisi X DPR RI, Forum Rektor PTNU pun membahas lebih lanjut dengan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Kantor Kemenag.


Pada pertemuan yang berlangsung di kantor Komisi X DPR RI, Syaiful Huda menanggapi maksud Forum Rektor Perguruan Tinggi Nahdatul Ulama dengan antusias. Menurutnya langkah penting dalam kemajuan pendidikan yaitu, cepat beradaptasi dan bertransformasi, Selasa (20/4/2021).


“ kampus-kamus harus cepat bertransformasi dan beradaptasi untuk menjemput masa depan pendidikan tinggi Indonesia,” terang Ketua Komisi X DPR, Syaiful Huda yang akrab dipanggil Kang Huda.


Sementara itu di kantor Kementerian Agama, Ketua Forum Rektor PTNU Masykuri Bakri menyampaikan bahwa pengelolaan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) menjadi bagian dari upaya menyiapkan sumber daya manusia yang unggul dalam menyongsong masa depan.


“Peran dosen sangat mempengaruhi kualitas sumber daya manusia yang di hasilkan dari perguruan tinggi. Kami mohon Pak Menteri Agama untuk memberikan perhatian lebih terhadap kesejahteraan dosen pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam, khususnya swasta,” ujar Masykuri di Jakarta, Selasa (20/4/2021).


Menanggapi hal itu Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengapresiasi perjuangan para dosen PTKI. Menag menilai mereka sebagai  para pejuang pendidikan untuk mencerdaskan anak bangsa.


“Perjuangan dosen layak diapresiasi.  Kami di Kementerian Agama akan berusaha sekuat tenaga untuk memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada para dosen dan penyelenggara pendidikan,” tutur Menag.


Ikut mendampingi Menag, Dirjen Pendidikan Islam Ali Ramdhani menginisiasi penyelenggaraan focus group discussion (FGD) untuk membahas secara lebih lanjut berbagai rencana pengembangan PTKI.


“Kita sebaiknya bertemu kembali dalam FGD untuk membahas lebih detail apa-apa saja yang menjadi permasalahan di lapangan sehingga solusi yang akan kami usulkan ke Menteri Agama langsung ke sasarannya,” pungkas Ali.

Penulis: Haydar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *