Food Bank Minggu ke-4: Perjuangan di Hari Buku, ‘Membaca Realita’

Food Bank merupakan buah-pikir Ketua DPW PKB Jabar untuk membopong kebangkitan pelaku UMKM di bidang makanan siap saji yang terdampak pandemi. Rangkaian aksi Foodbank terdiri dari, malam Jum’at berbagi, berbagi berkah 1000 takjil tiap hari, dan tiap Jum’at sore—berbagi panganan dari hasil pembelian kepada pelaku UMKM.

Foodbank Minggu ke-4 kembali diselenggarakan di dua tempat; Kantor DPW PKB—Jln. KH Ahmad Dahlan, dan Sepanjang jalan Balubur Pasopati. Maka Pengurus DPW PKB Jabar dibagi dua tim dalam aksinya. Aksi tersebut dilakukan pada pukul 15.30 WIB.

Aksi yang digelar tersebut perlahan-lahan mulai dikenal oleh warga Jabar. Hal ini ditandai dengan adanya segelintir orang yang ikut serta dalam membantu persiapkan Foodbank; mulai dari menata nasi hingga sekedar berbincang-bincang tentang sepak bola.

Sementara yang berkeliling di luar lingkungan DPW PKB Jabar. Menjadi pintu masuknya orang-orang baru yang hendak mengenal apa itu Foodbank dan kenapa DPW PKB menyelenggarakannya secara serentak.

Di lain pihak, pelaku UMKM di bidang kuliner mulai kentara manfaatnya. Sepanjang empat Minggu ini, DPW PKB Jabar telah bangkitkan pupuhan pedagang kecil. Manfaat yang dirasakannya terlihat melalui jumlah menu yang bertambah dan beberapa warung membeli kursi baru.

Sementara di pihak penerima manfaat Foodbank; baik warga pra-sejahtera, perantau, dan kelompok masyarakat yang berkekurangan juga telah merasakan manfaatnya.

Mengingat rangkaian acara Foodbank yang berlangsung tiap hari; mulai dari berbagi 1000 takjil, malam Jum’at berbagi, dan acara inti—berbagi panganan dari hasil belanja di pedagang kecil. Menurut mereka Rangakaian acara Foodbank telah berperan besar dalam mengurangi pengeluaran menyehari.

Penulis: Haydar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *