Rangkaian Harlah PKB ke-23: dari Pemulihan UMK hingga Memenuhi Kebutuhan Pasien Isoman

Sejak Maret 2020 lalu menjadi awal terpuruknya ekonomi kerakyatan. Gus Muhaimin Iskandar selaku ketua umum PKB, menyerukan seluruh kadernya untuk lakukan tindakan pemulihan ekonomi UMK dan memenuhi kebutuhan pokok masyarakat yang membutuhkan.

Ketua Umum DPP PKB, Abdul Muhaimin Iskandar malaunchingkan road to AMI (aksi melayani Indonesia) pada 28 Maret 2021 di Bandung Jawa Barat. Adapun program AMI tersebut dimaksudkan untuk menjawab kondisi masyarakat Indonesia di tengah pandemi.

Salah satu yang dititik beratkan Gus Muhaimin serta Syaiful Huda, ketua DPW PKB Jabar yaitu politik kehadiran. Lantas, dari peluncuran AMI, seluruh kader PKB diintruksikan untuk berinisiatif memulihkan UMK juga memenuhi kebutuhan pokok masyarakat dengan program fooddbank.

Selang satu minggu usai peluncuran AMI, semua pengurus PKB dari tingkat ranting hingga wilayah serentak menggelar foodbank di kawasannya masing-masing.

Apa itu foodbank?

Foodbank merupakan program dari Aksi Melayani Indonesia. Skemanya, PKB memborong produk UMK di wilayahnya; produk UMK tersebut lantas dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan, baik secara door to door dan pengguna jalan. Aksi ini dilakukan setiap hari Jum’at pukul 1 sore.

Melansir keterangan Ketua Umum Asosiasi UMKM Indonesia (Akumindo) Ikhsan Ingratubun mengungkap 30 juta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bangkrut akibat kebijakan pembatasan sosial di dalam negeri di tengah pandemi corona (covid-19).

Namun hingga Juli 2021, malah terjadi pandemi gelombang kedua. Sehingga, presiden Jokowi memberlakukan PPKM Darurat pada 3 Juli lalu untuk menekan jumlah kasus yang masih melonjak naik.

Pemberlakuan PPKM darurat mengharuskan masyarakat untuk mengurangi bahkan menghentikan aktivitas. Alhasil, banyak orang terpukul ekonominya. Misalnya, supir angkutan umum terpaksa berhenti kerja. Begitu karyawan/karyawati mengalami PHK. Apalagi saat diketahui mereka terpapar covid-19.

Seperti kehidupan Nurfa, seorang istri yang suaminya bekerja sebagai supir angkutan umum. Kehidupan wanita asal Taman Sari ini remuk diterjang pandemi usai suaminya berhenti bekerja akibat PPKM Darurat.

Kondisi semakin memburuk ketika ia dinyatakan positif. Alhasil, ia harus isolasi mandiri sedangkan suami dan anaknya harus mengungsi ke rumah mertua.

Selama isolasi mandiri ia harus bertahan sendiri. Ia mengaku, enggan meminta pertolongan ke tetangga. Ungkapnya, mereka pun kondisi ekonomi tak lebih sama dengan dirinya. Sepanjang isoman itu Nurfa bertahan hidup seadanya, terkadang ia sendiri seharian tak makan karena tak punya apa-apa lagi.

“Duh ya Allah suami sama anak minta (makan) ke mertua, aku sendiri kadang seharian nggak makan,” katanya.

Sementara itu, Gus Muhaimin yang selaku Ketua Tim Pengawas (Timwas) Penanganan Bencana Covid-19 DPR RI itu meminta pemerintah serta mengintruksikan kader PKB untuk mempercepat vaksinasi.

Gus Muhaimin menerangkan, proses vaksinasi harus dimulai dengan penambahan nakes, pengadaan sentra vaksin di desa-desa dan kolaborasi antara pihak pemerintah dengan pengusaha.

”Semua kalangan harus bersama-sama menyukseskan perang melawan Covid-19. Ini adalah perang yang sesungguhnya. Para pengusaha juga harus ikut melindungi para pekerjanya,” ujar Gus Muhaimin

Namun, Gus Muhaimin sadar betul bahwa selama proses mencapai herd immun, kondisi ekonomi masyarakat tengah seret. Akibatnya, orang-orang yang terpapar virus harus menjalani isoman dengan segala keterbatasan perlakuan; makanan seadanya, tak mengonsumsi vitamin, bahkan tak punya ruangan khusus isoman.

Olehkarena itu, Gus Muhaimin mengintruksikan semua kader PKB di Tanah Air untuk membuat posko ‘Aksi Melayani Isoman’ dan menggubah sasaran penerima manfaat foodbank kepada pasien Isoman.

Sementara itu lonjakan covid-19 per 17 Juli masih di angka 51 ribu kasus. kondisi ini pun berpotensi terjadinya PPKM Darurat berjilid. Efeknya ekonomi masyarakat masih terancam. Maka dari itu, pada peringatan hari lahir PKB ke 23 pada 23 Juli mendatang bertajuk menanggulangi pandemi.

Rangakaian hari lahir PKB akan melaunchingkan, posko Aksi Melayani Isoman, Promosi UMK, do’a bersama dan vaksin gratis.

Rangakaian Hari Lahir PKB

Pada minggu (11/7) vaksinasi gratis digelar di DPW PKB Jabar di Jalan KH Ahmad Dahlan No 1b Burangrang, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung. Vaksinasi tahap awal ini mendapat antusias dari warga Jabar. Tercatat sebanyak 600 peserta yang mendaftar.

Lalu, 23 ribu vaksinasi untuk warga Kabupaten Bandung di sembilan titik. Vaksinasi gratis tersebut dikordinir oleh DPC PKB Kab. Bandung pada Rabu (14/7).

Selain itu, aksi foodbank PKB selama PPKM Darurat berganti sasaran. Sebelum berlakunya kebijakan itu, Foodbank menyasar pengguna jalan. Kini, sasaran foodbank diarahkan kepada pasien isoman.

Sebagai rangkaian harlah, kini foodbank dilakukan setiap hari hingga peringatan hari lahir PKB, 23 Juli.

Sementara itu, posko Aksi Melayani Isoman sudah didirikan di DPC-DPC (dewan pengurus cabang).

Sedangkan kader-kader PKB yang berada di jajaran DPRD Provinsi sudah mempromosikan produk UMKM yang disebar melalui akun instagram official DPW PKB Jabar.

Foodbank untuk Pasien Isoman

Sebelumnya (16/7) foodbank diselenggarakan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Khusus Covid-19 Cikadut Kota Bandung dengan menyasar Kelompok Penggali Kubur.

Sekretaris DPW PKB Jawa Barat, Acep Jamaludin mengungkapkan Foodbank kali sengaja digelar di TPU Cikadut sebagai solidaritas dan dukungan kepada petugas pemakaman jenazah Covid-19.

“Perjuangan mereka tidak gampang, dalam sehari mereka bisa menguburkan puluhan jenazah tentunya perlu dukungan dari kita, moment Harlah ke-23 PKB kita isi dengan kegiatan yang bermanfaat bagi sesama” kata Acep Jamaludin.

Sementara itu, PKB mendapati laporan dari salah seorang warga Taman Sari bahwa di tempatnya banyak warga yang menjalani pasien Isoman. Kedatangannya ke DPW PKB berawal saat ia tengah mencari bantuan sosial, baik yang diselenggarakan pemerintah dan koalisi masyarakat, untuk pasien isoman. Bermula dari pencarian itu, ia mendapati informasi program foodbank dan Aksi Melayani Isoman PKB.

Sebelum menghampiri kantor DPW PKB di Jalan KH Ahmad Dahlan No 1b Burangrang, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung. Ia mewartakan kondisi di kampunya terlebih dahulu melalui instagram.

Pada (18/7) kader DPW PKB berangkat ke lokasi kejadian. Sebanyak 27 paket dibagikan kepada pasien Isoman di kawasan Taman Sari. Isian paket itu berupa, makanan berat, buah-buahan, vitamin, dan masker.

Selain menggelar foodbank, kader PKB pun mewartakan rangakaian Harlah (hari lahir) pada masyarakat. Supaya masyarakat tidak kelimpungan ketika mencari tak ada ruangan untuk isolasi, memenuhi kebutuhan isoman, hingga mempertahankan keberlangsungan warungnya.

Penulis: Haydar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *