Ketua Komisi X Semangati Jawara Pasanggiri Muda Bekasi yang Bertanding

Pasanggiri Jawara Muda Bekasi sedang berlangsung. Ketua Komisi X DPR RI layangkan segenap semangat atas diselenggarakannya tekad melestarikan wisata tak benda ini—pencak silat.

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Persatuan Pencak Silat Indonesia (PPSI) Kabupaten Bekasi gelar Pasanggiri Jawara Muda Bekasi selama dua hari, Jum’at-Sabtu (19-20/11). Pagelaran tersebut akan diberlangsungkan di Gelanggan Olahraga (GOR) Tambun Selatan.

Ketua Panitia penyelenggara, Nur Akbar mengatakan, Pasanggiri jawara muda Bekasi digelar guna meningkatkan minat bakat pemuda pemudi yang ada di Jawa Barat umumnya, khususnya di Kabupaten Bekasi.

“Tujuannya lomba, guna mengasah dan meningkatkan kemampuan pesilat dalam menguasai bahan dasar sekaligus peningkatan keterampilan gerakan pencak silat,” ucapnya.

Sementara itu, ketua DPD PPSI Kabupaten Bekasi, M. Ismat Rahmatulloh yang biasa di sebut Abah Tapak menuturkan, tujuan Pasanggiri yang di adakan DPD PPSI Kabupaten Bekasi ini sebagai ajang pencarian bakat dan PPSI adalah wadahnya agar seni pencak silat tidak ketinggalan jaman.

Hingga saat ini, peserta yang telah mendaftar ke panitia sebagai calon peserta sebanyak 386 orang, yang terbagi ke dalam empat jenis kategori Rampag, Ganda, Tunggal dan Ibingan Buah Kaung.

Dalam keterangan terpisah, Ketua Komisi X DPR RI, Syaiful Huda yang membidangi Kementerian Pemuda dan Olahraga RI mengirimkan segenap semangat pada mereka yang sedang bertanding.

Disampaika Huda, pihaknya berharap pagelaran seni budaya ini menjadi langkah kontinus untuk melestarikan warisan budaya tak benda.

” Selamat bertanding, selamat terselenggaranya Pasanggiri Jawara Muda Bekasi. Semoga pelaksanaan ini bisa berjalan dengan lancara. Semoga lahir Jawara-Jawara kuat jati diri dan berkarakter bangsa Indonesia,” ungkap Huda, Sabtu (20/11).

Haydar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *