Gus Muhaimin Menyerap Semangat Juang KH Zainal Musthafa, Bertekad Melanjutkan Keberanian Sang Pahlawan

 Ketua Umum PKB sekaligus Wakil Ketua DPR RI A Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) berziarah ke makam pahlawan nasional, KH Zainal Musthafa di Taman Makam Pahlawan (TMP) KH Zainal Musthafa, Sukamanah, Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu, (26/3/2022).

Agenda bertajuk Refleksi Spirit Perjuangan KH Zainal Musthafaini digelar dalam rangkaian Safari Politik Kesejahteraan Gus Muhaimin di Priangan Timur.

Hadir dalam acara ini, Sekjen DPP PKB Hasanudin Wahid, Ketua Fraksi PKB DPR RI Cucun Ahmad Samsurijal, Ketua DPW PKB Jawa Barat Syaiful Huda dan Wakil Ketua DPRD Jawa Barat H Oleh Soleh.

Ketua Umum PKB sekali Ketua DPR RI, A Muhaimin Iskandar Muhaimin mengatakan, ziarah dan silaturahmi ini merupakan upaya menyerap spirit perjuangan KH Zainal Musthafa.

“Alhamdulillah bisa melaksanakan ziarah sekaligus menghormati menyerap inspirasi, menyerap semangat dan spirit perjuangan KH Zainal Musthafa yang terus kita harus junjung tinggi,” katanya kepada wartawan usai menghadiri acara di TMP KH Zainal Mustofa Sukamanah Sabtu (26/3/2022).

Menurut dia, spirit ghiroh dan keberanian serta keikhlasan berjuang KH Zainal Musthafa harus tertanam dalam seluruh jantung dan urat nadi perjuangan saat ini.

“Dengan harapan saya bisa melanjutkan keberanian dan ketangguhan serta ke ikhlas beliau dalam mengabdikan kepada kebenaran, mengabdikan kepada NKRI, dan, umat Islam,” katanya.

Tambah dia, semangat perjuangan KH Zainal Musthafa ini harus ditanamkan agar kemerdekaan dari berbagai hal seperti masa-masa sulit hari ini bisa selesai.

“Indonesia ini harus merdeka dalam bidang kesejahteraan, kesehatan kita harus berjuang dengan berani mengambil resiko untuk bangsa ini,” ujar dia.

Perwakilan Keluarga KH Zainal Mustahafa, KH Atam Rustam mengatakan, pedang bambu yang secara simbolis diberikan kepada Gus Muhaimin sebagai simbol perlawanan KH Zainal Musthafa, santri, dan masyarakat sekitar terhadap penjajahan imperialisme.

Pedang bambu tersebut juga menjadi simbol kemerdekaan dan kesejahteraan bagi masyarakat dan kaum tani dalam aktivitas sehari-hari.

KH Atam Rustam menyambut baik silaturahmi Gus Muhaimin ini, ia juga mengulas perjuangan KH Zainal Musthafa dalam melawan penjajah Jepang waktu itu.

KH Zainal Musthafa yang kami terima adalah salah seorang yang betul-betul berjihad memperjuangkan dan mempertahankan NKRI. Menurut Kang Iip, Resolusi Jihad itu adalah diawali oleh perlawanan KH Zainal Musthafa melawan Jepang sehingga alhamdulilah beliau menjadi pahlawan nasional,” jelas KH Atam Rustam.

KH Atam Rustam juga menerangkan dua alasan yang menjadi faktor yang menyebabkan KH Zainal Musthafa melakukan perlawanan terhadap Jepang.

“Jihad untuk mepertahankan syariat Islam yang betul-betul pada waktu itu Jepang menginginkan kemusyrikan ditambah dengan semua hasil pertanian dan peternakan harus disetorkan ke pihak Jepang, ini menjadi dasar beliau melawan Jepang,” katanya


KH Atam Rustam
 juga mengungkap satu titipan yang disampaikan KH Zainal Musthafa sebelum dibawa pihak Jepang ke Jakarta untuk dieksekusi.

“Titipan beliau sebelum dibawa ke Jakarta adalah lanjutkan pendidikan, karenanya pesantren Sukamanah, Sukahideng terus maju sampai saat ini,” kata KH Atam Rustam menirukan pesan KH Zainal Musthafa.

KH Atam Rustam juga mendoakan maksud dan cita-cita yang sedang diperjuangkan oleh Gus Muhaimin sampai saat ini.

“Kita doakan apapun yang menjadi cita-citanya, tujaannya semoga berhasil selalu semoga dalam bimbingan Allah SWT,” ujar KH Atam Rustam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.