Strategi Gus Muhaimin Indonesia Lepas dari Ketergantungan kepada Negara Lain Lewat Kekuatan Mandiri

Ketua Umum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin mengajak rakyat Indonesia menjadi bangsa mandiri yang tidak bergantung kepada negara lain.

Hal itu disampaikannya saat menandatangani prasasti Komitmen Program Kedualatan Pangan bersama Serikat Petani Pasundan (SPP) di Desa Margaharja, Kecamatana Sukadana, Kabupaten Ciamis, Minggu, 27 Maret 2022.

Wakil Ketua DPR RI ini menerangkan cita-cita Indonesia bisa terwujud bilamana mencontoh perjuangan yang dilakukan oleh masyarakat di Desa Margaharja yang selama 20 tahun memperjuangkan hak-hak ekonominya.


“Dimana hak-hak rakyat terpenuhi, komitmen secara partisipasi dan bersama-sama membangun gotong-royong, kekuatan untuk mandiri inilah yang harus dijaga,” kata Gus Muhaimin dalam rilisnya, Minggu (26/3/2022).

Menurutnya kekuatan mandiri ini harus dijaga, dikokohkan sehingga Indonesia tidak selalu bergantung kepada pasar global, kepada teknologi-teknologi yang dikuasai negara lain termasuk di bidang kesehatan mulai dari alat kesehatan hingga obat-obatan.

“Maka d itempat barokah ini saya mengajak bangsa Indonesia mari kita bangun kemandirian untuk kemakmuran dan kesejahteraan rakyat di masa yang akan datang,” ujarnya.

Gus Muhaimin juga menyatakan siap bekerja sama membangun pertanian unggul di Desa Margaharja yang didampingi oleh SPP ini.


“Kita siap canangkan kerjasama dengan masyarakat di sini membangun pertanian unggunlan di sini. Saya siap menjadi bagian dari kerjasama untuk mewujudkan keadilan kemakmuran,” ujarnya.

Gus Muhaimin menegaskan cita-cita mewujudkan kemakmuran ini sangat mudah dilakukan karena Indonesia memiliki kekayaan alam melimpah juga sumber daya manusia tangguh, ungggul, dan gotong royong.

“Tinggal melaksanakan secara utuh, konsekuen seluruh perintah dan komitmen kehadiran dan kelahiran bangsa. Kalimat sederhananya konsisten menjalankan Pancasila dan UUD secara murni dan konsekuen,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Gus Muhaimin memberikan bibit kacang kedelai kepada perwakilan warga secara simbolis. Ia juga melakukan penanaman pohon kelapa.

Hadir dalam acara tersebut, Sekjen DPP PKB Hasanudin Wahid, Ketua DPW PKB Jawa Barat Syaiful Huda, Anggota DPR RI Yanuar Prihatin, Wakil Ketua DPRD Jawa Barat H Oleh Soleh, dam Anggota DPRD Jawa Barat Johan J Anwari.

Leave a Reply

Your email address will not be published.