Jokowi Tolak Permintaan Ukraina Demi Perdamaian Dunia

Presiden Jokowi mengungkapkan isi percakapan saat berkomunikasi dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Rabu, 27 April kemarin.  Dalam percakapan itu, Zelensky meminta bantuan senjata dari Indonesia. Namun permintaan itu ditolak oleh Jokowi karena tak sesuai prinsip konstitusi.

Menurut Jokowi Perang di Ukraina berpengaruh pada dinamika forum internasional G20. Indonesia menegaskan sikapnya ingin mempersatukan G20 di tengah ketegangan geopolitik akibat invasi Rusia ke Ukraina. 

PKB Jabar Buka Pencalonan Dini Caleg Perempuan untuk Pileg 2024, Ini Syaratnya

Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jawa Barat menyiapkan skema pencalonan legislatif dini untuk menghadapi Pemilihan Legislatif 2024 mendatang. Dalam skema pencalonan dini tersebut, DPW PKB Jawa Barat membuka peluang luas khusus untuk aktivis perempuan dari luar partai politik untuk bergabung bersama PKB menjadi calon legislatif.

Ketua DPW PKB Jawa Barat Syaiful Huda mengatakan, partainya memberikan porsi lebih terhadap caleg perempuan.

 “Kami gelar karpet merah untuk aktivis perempuan yang ingin menjadi caleg. Ini menjadi komitmen kami di PKB. Kami mendorong aktivis perempuan untuk mengambil jalur paling strategis ke depan,” ujar Syaiful di Kantor DPW PKB Jawa Barat, Jalan KH Ahmad Dahlan, Kota Bandung, Selasa (26/4/2022).

Huda menjelaskan, prioritas PKB pada perempuan bukan tanpa alasan. PKB melihat, selama ini anggota legislatif yang paling aktif menyuarakan aspirasi masyarakat hingga menjadi solusi nyata cenderung lebih banyak dilakukan anggota legislatif perempuan.

“Perempuan lebih care, ada aware terhadap masalah yang dialami publik. Karena itu kita (PKB) harus menjadi pilihan (perempuan),” beber Huda.

Alasan lainnya, banyak isu di Jabar bersinggungan dengan persoalan perempuan seperti isu kekeresan dan pelecehan terhadap perempuan hingga stunting.

 “Dengan perempuan langsung jadi aktornya maka saya meyakini isu perempuan dan isu-isu keluarga akan mudah dituntaskan, maka saya akan gelar karpet merah. Ini yang menjadi alasan kenapa perempuan yang kita prioritaskan,” beber dia.

Huda memastikan, tidak ada kriteria khusus untuk calon legislatif dari kalangan perempuan. Sebagaimana ketentuan KPU, cukup berpendidikan SMA sederajat dan minimal berusia 21 tahun. Dengan prioritas tersebut, PKB optimistis bisa menempatkan 10 orang perempuan dari target 20 kursi legislatif di DPRD Jawa Barat. “Kalau PKB dapet 20 kursi, ya 10-nya perempuan lah, atau setengah ya perempuan. Ini jadi concern kami,” tandasnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published.