Survey Tempo: PKB, Partai Terpopuler kedua di Instagram dan Mengungguli PDIP

Tempo merilis hasil survey terkait partai politik terpopuler di Instagram yang dilakukan per 18 Juli 2022. Hasilnya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengungguli popularitas PDIP dan Golkar, dengan jumlah followers mencapai 547K.

Jaman kiwari media sosial jadi salah satu alat komunikasi yang efektif di tengah kemajuan ekonomi dan pandemi belakangan ini. Bagi partai politik, media sosial mulai dijagokan sebagai alat kampanye serta mendulang popularitas.

Melalui pemanfaatan media sosial, Partai Politik bisa lebih leluasa menginformasikan perkara kepartaiannya. Seperti, bisa menginformasikan tanpa batas waktu; menjangkau lebih luas masyarakat; hingga menerima aspirasi masyarakat tanpa melalui tahapan yang cenderung rumit.

Dalam hal ini, Parpol berbondong-bondong untuk menjadi yang paling populer demi membentuk basis massa yang loyal untuk menghadapi Pemilihan Umum 2024 nanti. Per 18 Juli 2022, Tempo dot co merilis hasil survey terkait Partai Politik di Indonesia yang paling populer di Instagram.

Survey tersebut dilakukan terhadap 12 Parpol di tanah air. Sedangkan penentuan populernya suatu Parpol di Instagram ini ditentukan dengan jumlah follower terbanyak. Follower tertinggi berada di angka 613 ribu sedangkan terendah di angka 38,1k.

Namun ada yang unik. Popularitas PKB di Instagram mengungguli PDIP dan Golkar. PDIP menduduki posisi ke tujuh sedangkan Golkar menduduki posisi ke-12.
Berikut rinciannya:

Partai Demokrat menduduki posisi pertama dalam nominasi partai terpopuler di Instagram dengan followers 613k. Partai yang diketuai Gus Muhaimin yakni PKB, menduduki urutan kedua dengan followers 574k. Disusul oleh Gerindra dengan selisih tipis yaitu 541k followers.

Sementara diurutan keempat diisi oleh Partai Garuda dengan followers 489k. Di bawahnya ada Perindo dengan followers 331k. Lalu PKS berada diurutan keenam dengan followers 305k.

Diurutan ketujuh diisi oleh Partai Penguasa dengan followers 263K. Posisi ke delapan, diisi PSI dengan followers 235K. PPP mengisi urutan kesembilan dengan followers 106k. Partai NasDem berada diurutan kedua terakhir dengan followers 56,3k. Posisi terakhir diduduki oleh Golkar dengan followers 38,1k.

Leave a Reply

Your email address will not be published.