Gerindra dan PKB Matangkan Tanggal Deklarasi Koalisi 2024

Pengurus teras Partai Gerindra dan elite PKB bertemu kembali menyusun piagam deklarasi koalisi menyambut 2024. Ketua Harian Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyebut kedua partai tengah mematangkan tanggal deklarasi koalisi 2024.

“Benar, telah digelar pertemuan lanjutan antara elite politik PKB dan Gerindra untuk mematangkan kerja sama koalisi menyusun piagam deklarasi koalisi serta menentukan pemilihan waktu dan tanggal untuk deklarasi tersebut,” kata Dasco kepada wartawan, Rabu (27/7/2022).

Informasi pertemuan lanjutan Gerindra dan PKB sebelumnya disampaikan elite PKB Syaiful Huda. Pertemuan itu digelar di salah satu tempat di kawasan Jakarta Selatan.

Selain Dasco, elite Gerindra yang hadir dalam pertemuan itu adalah Sekjen Ahmad Muzani, Waketum Sugiono dan Prasetyo Hadi. Di pihak PKB hadir Huda, Ketua DPP Cucun AHmad Syamsyrijal, Ketua DPP Fathan Subchi, dan Bendahara DPP Bambang Susanto.

Dasco berharap pertemuan Gerindra dan PKB semalam makin memantapkan langkah kedua partai dalam membangun koalisi.

“Oleh karena itu, saya berharap pertemuan lanjutan itu akan terealisasi sehingga deklarasi koalisi dapat berjalan dengan lancar,” ujar Dasco.

Sebelumnya, Huda menyebut pertemuan untuk membahas visi-misi hingga latar belakang ini penting sebagai bukti konkret koalisi. Selain itu, menurutnya, ini dilakukan agar koalisi yang terbentuk bisa memberi manfaat bagi Indonesia.

“Ini penting karena kami tidak ingin kerja sama kami ini hanya pragmatism politic, tetapi lebih dari itu, kami ingin koalisi kami benar-benar untuk memberi opsi kemanfaatan lebih besar bagi Indonesia,” kata Huda.

Huda mengatakan piagam deklarasi ini penting karena menjadi fondasi kerja sama bagi Gerindra dan PKB. Dalam piagam deklarasi tersebut, juga akan disinggung langkah-langkah kerja sama politik yang akan dilakukan oleh kedua belah pihak.

“Piagam deklarasi ini seperti konstitusi yang menjadi landasan kerja sama para pihak yang nantinya akan diterjemahkan dalam kesepakatan lebih detail di kemudian hari,” ujarnya.

AFFiNE