Alasan PKB Daftar KPU Bareng Gerindra 8 Agustus: Tepat 10 Muharam

PKB dan Gerindra bakal mendaftarkan diri sebagai peserta Pemilu 2024 ke KPU pada 8 Agustus nanti. PKB mengungkapkan ada alasan tersendiri di balik pemilihan tanggal tersebut.
“Ada alasan tersendiri Gerindra dan PKB memilih mendaftar bersama sebagai peserta Pemilu pada tanggal 8 Agustus 2022. Tanggal tersebut bertepatan dengan 10 Muharam 1444 Hijriah dalam kalender Islam,” kata Wakil Sekretaris Jenderal DPP PKB Syaiful Huda dalam keterangan tertulis, Kamis (4/8/2022).

Huda memandang tanggal itu menjadi hari baik. Dia berharap ke depan koalisi PKB dan Gerindra mampu mendapatkan mandat penuh dari rakyat.

“Kami tentu berharap ridho dan berkah dari Allah SWT sehingga memilih tanggal dan hari baik dalam mendaftar sebagai peserta Pemilu 2024. Dengan demikian, dalam Pemilu 2024 harapan kami Gerindra dan PKB mampu mendapatkan mandat penuh dari rakyat,” ujar dia.

Huda mengatakan kesepakatan Gerindra dan PKB untuk daftar bersama sebagai peserta pemilu merupakan bagian dari upaya kedua belah pihak untuk menyatukan langkah menghadapi pesta demokrasi di tahun 2024. Menurutnya, komunikasi politik yang terjalin di antara keduanya kian intensif.

“Tentu dalam kerja sama politik bertujuan untuk memperkuat posisi kedua belah pihak, tapi lebih dari itu kami berharap kerja sama Gerindra dan PKB memberikan kemanfaatan seluas-luasnya bagi rakyat Indonesia,” lanjutnya.

Huda mengatakan pemilihan tanggal 10 Muharam 1444 Hijriah telah dikaji secara matang. Hal itu tak terlepas dengan konteks histori umat Muslim.

“Dalam sejarah Islam, banyak peristiwa penting yang terjadi pada tanggal tersebut. Di antaranya pada tanggal tersebut Nabi Adam Alaihisalam diciptakan pertama kali oleh Allah SWT, berlabuhnya Nabi Nuh AS di Bukit Zuhdi setelah melewati banjir besar, selamatnya Nabi Ibrahim AS dari siksa pembakaran Raja Namrud, hingga terbebasnya Nabi Yusuf AS dari penjara karena fitnah,” papar Huda.

“Momentum-momentum tersebut bisa dimaknai sebagai titik balik kemenangan perjuangan para tokoh-tokoh besar dunia. Sehingga kami berharap hal ini menjadi inspirasi bagi perjuangan kerja sama Gerindra dan PKB dalam menghadapi Pemilu 2024,” sambungnya.

Ketua Komisi X DPR ini menilai pemilihan tanggal 10 Muharam sebagai simbol jika dalam perjuangan politik tidak bisa dilepaskan nilai-nilai luhur dari sisi keyakinan spiritual. Menurutnya, perjuangan politik pihaknya tak semata mengejar kursi kekuasaan melainkan juga merujuk pada nilai luhur agama.

“Pemilihan waktu baik ini menjadi penanda bahwa perjuangan kita di ranah politik ini tidak hanya didasari semangat mengejar kekuasaan semata tetapi juga terinsipirasi dari nilai-nilai luhur agama yang menjadi inspirasi dan suluh perjuangan untuk sesama,” katanya.

PKB-Gerindra Daftar 8 Agustus

Diberitakan sebelumnya, Gerindra dan PKB akan melakukan pendaftaran ke KPU secara bersama-sama pada 8 Agustus mendatang. Hal ini disampaikan oleh elite PKB dan Gerindra. “Rencana tanggal 8 Agustus 2022 jam 08.00 WIB bersama Partai Gerindra,” kata Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid saat dihubungi, Rabu (3/8).

Jazilul mengatakan pendaftaran itu ingin memperlihatkan kedua parpol kompak. “Kita bikin kompak dan riang gembira,” imbuhnya.

Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyampaikan hal serupa. Dia mengatakan Gerindra bakal mendaftar sebagai peserta pemilu pada 8 Agustus 2022.

“Kami daftar tanggal 8 (Agustus),” kata Dasco, Senin (1/8).

Leave a Reply

Your email address will not be published.