Syaiful Huda Tidak Sepakat Jika Anggaran Pendidikan Untuk Program Makan Siang Gratis

Syaiful Huda Tidak Sepakat Jika Anggaran Pendidikan Untuk Program Makan Siang Gratis

Alokasi anggaran pendidikan pada RAPBN 2024 tidak naik. Ketua Komisi X DPR RI curiga alokasi program makan bergizi gratis diambil dari alokasi biaya pendidikan.

“Saya pada posisi curiga dan ini masih perlu pembuktian. Bisa jadi kemungkinan anggaran itu (makan siang gratis) diambil dari situ (alokasi biaya pendidikan),”

Kecurigaan ini muncul ketika pihak Kemendikbudristek memaparkan tidak ada kenaikan alokasi pendidikan di tahun 2025. Kata Huda, seumpama itu terjadi pihaknya dengan tegas menolak hal itu. Huda khawatir ada banyak program pendidikan yang tidak berjalan optimal apabila dananya digunakan untuk program makan siang gratis.

“Nah kalau ini terjadi, semakin akan membebani anggaran pendidikan 20 persen yang tidak sepenuhnya untuk pembiayaan pendidikan. Padahal, anggaran pendidikan kita kan sudah mencapai 20 persen kan sudah sampai 700 (triliun) itu.

Sebelumnya, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menyampaikan anggaran pendidikan tahun pertama kepemimpinan Prabowo diproyeksi mencapai Rp 708,2 triliun – Rp 741,7 triliun.

Sementara itu TKN Prabowo-Gibran, ashim Djojohadikusumo, menyebut biaya program makan siang gratis untuk anak-anak akan mencapai Rp 450 triliun per tahun.